Jumat, 18 Januari 2013

Wisata Di Kotaku Manis ( Kandangan )

Loksado

Lokasi terletak di Kecamatan Loksado Kab. Hulu Sungai Selatan, ditempuh 30 km dari kota Kandangan dan 165 km dari Kota Banjarmasin, merupakan daerah kediaman penduduk Dayak di kaki Bukit Pegunungan Meratus yang asih asli dengan udara sejuk, dan di aliri sungai Amandit yang jernih nan segar mengelilingi Loksado serta air terjun Haratai dan lingkungan alam asli dengan keindahan flora dan fauna yang sangat menarik.

Juga tempat  tinggal bersama suku Dayak  berupa sebuah balai adat. Suku Loksado memiliki upacara adat peninggalan leluhur nenek moyang yang disebut Upacara Aruh Ganal, dilaksanakan didalam Balai Malaris, selain itu wisata adventure Bambu rafting yaitu Arung Jeram dengan rakit bambu di sungai Amandit adalah puncak dari perjalanan, kegiatan ini paling mengesankan dan disukai oleh wisatawan. Ada beberapa lokasi yang bagus untuk memulai perjalanan dengan tingkat kesulitan dan waktu tempuh yang bervariasi tergantung dari keinginan wisatawan itu sendiri.

Gunung Kantawan

Gunung Kantawan lebih dikenal sebagai lambang dari kawasan Loksado karena letaknya yang   dapat terlihat dari berbagai penjuru. Gunung ini adalah kawasan hutan lindung berupa gunung batu yang ditumbuhi pepohonan di sekelilingnya. Letak kawasan ini sekitar 28 Km dari Kota Kandangan dan 163 km dari Kota Banjarmasin, untuk mencapainya hanya dengan jalan kaki lewat Desa Lumpangi, Muara Hatip atau Datar Balimbing (Hulu Banyu).

Dengan memiliki luas sekitar 245 Ha didalamnya terdapat jenis flora termasuk Anggrek Hutan, dan fauna yang dilindungi seperti : Bekantan, Owa-Owa, Biawak, Raja Udang (Halcyon sp) dll. Obyek-obyek yang lain terletak di desa Batu Bini sekitar 9 km dari Kota Kandangan dimana terdapat sumber air panas dan beberapa goa alam yang di hiasi oleh staklaktit dan stalakmit.

Salah satu goa yang ada terdapat beberapa buah patung binatang dan relief tentang legenda seorang anak yang durhaka terhadap ibunya. Gunung Batu Laki adalah tempat rekreasi dan camping dimana terdapat beberapa buah goa alam dan panorama alam yang indah disekelilingnya.

Salah satu goa yang menarik untuk dikujungi adalah goa Berangin dimana angin berembus dari mulut goa dan didalamnya terdapat ornamen-ornamen goa yang eksotik. Dari atas puncak gunung dapat menyaksikan sunset maupun sunrise, obyek terletak di desa  Malutu, 14 Km dari Kota Kandangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar